Sabtu, 15 Desember 2012

BANDWITCH MANAGEMENT

Dalam sebuah usaha warnet game online, bandwitch management sangatlah diperlukan untuk pengaturan penjatahan bandwitch antara game dengan browsing dan download. Hal ini bertujuan agar masing masing mendapatkan porsinya masing masing tanpa saling berebut untuk mendapatkan lebih banyak bandwitch. Apalagi dalam sebuah warnet yang mempunyai pc yang banyak dengan jatah bandwitch yang terbatas. tentunya hal ini adalah suatu keharusan, untuk memberikan kenyamanan user dalam berinternet. Dalam prakteknya, banyak software sampai sistem operasi yang dipergunakan untuk pengaturan badwitch.
Beberapa software management bandwitch yang pernah penulis pergunakan:
1. DUcontrolers
software kecil yang berjalan di system windows, dalam pemakaiannya harus dipasangkan di tiap pc klien.
2. Antarmedia bandwitch manager.
Software pembagi bandwitch yang cukup ditanamkan di pc server, agak berat di pc saya waktu, jadi hanya sekedar mencoba.
3. Softperfect Bandwitch manager.
dan powerfull. itulah kata yang pas untuk software ini, bisa dipakai untuk pengaturan bandwitch per alamat ip. Bisa dipasangkan dengan 2 topologi jaringan. untuk topologi semua pc yang langsung terhubung ke modem harus ditanamkan di semua klien, klo dengan topologi pc induk, bisa ditanamkan cukup di pc induk dan pengaturan bandwitch cukup dari pc induk, tanpa perlu menanamkan SBMklient di pc klien. dan dalam prakteknya cukup powerfull untuk menanani warnet kecil kecilan yang saya kelola.
4. mikrotik.
system operasi yaang dikususkan untuk bandwitch management.Untuk warnet yang bermodal disarankan utuk menggunakan ini. Karena software ini berlicenci, dgn harga licenci yang bervariasi, sesuai level yang dipilih. mikrotik dijjual ada yang sudah dalam bentuk routerboard dengan OS berlicenci, DOM ( disk on module) dan OS dalam bentuk cd yang bisa dinstal ke mini pc.

cukup begitu review dari saya.... butuh tehnisi jaringan.. please contack me.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar