Minggu, 16 Desember 2012

MIKROTIK

Mikrotik adalah sebuah sebuah system operasi yang digunakan untuk mesin router firewall dan bandwitch management. dan kehandalan OS ini cukup diakui sehingga seolah mmenjadikan mirkrotik sebagai perangkat wajib bagi sebuah warnet dan game online.
Mikrotik di pasaran ada yang dijual dalam bentuk routerboard yang telah tertanam mikrotik berlicency ,DOM dan software iso yang bisa diinstal dalam sebuah pc. Untuk routerboard tentunya akan lebih memudahkan pengguna untuk menggunakannya karena tinggal seting seting saja. sedang untuk DOM masih memerlukan papan induk intuk menjalankan OS ini. sedangkan untuk software ISO tentunya perlu sebuah pc yang harus disiapkan untuk menginstal software ini. dan ini yang akan kita bahas disini.
Untuk sebuah OS mikrotik tidak memerlukan sebuah pc yang berspek tinggi. bahkan sebuah pc sekelas pentium 2 dengan HDD 3gb saja mampu menjalankan OS ini dengan cukup stabil. Karena memang os ini cukup kecil dan ringan. instaler yang berukuran gk lebih dari 20mb tapi sangat luar biasa dalam fungsi dan kegunaannya.
dan yang cukup mencengangkan mikrotik mampu berjalan dengan stabil dalam mesin virtual windows dan hal ini pernah penulis praktekan sendiri. kurang lebih setahun warnet untuk pengaturan badwitchnya hanya ditangani oleh mikrotik yang diinstal dalam mesin virtual windows.
sekedar sharing untuk cara penginstalan di dalam mesin windows. cukup siapkan mesin virtual windows, dalam hal ini yang penulis pakai adalah virtualbox keluaran dari oracle. Seperti inilah tampilan awalnya:

disini yang perlu diingat dalam seting mesin virtual adalah minimal di seting dengan 2 adapter lan karena akan difungsikan untuk in out trafik internet.
cukup dulu untuk tahap selanjutnya akan dibahas di entri lain.


Anda butuh tehnisi jaringan, seting mikrotik..... silahkan hubungi saya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar